PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dengan model pembelajaran berbasis inkuiri pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat mengikuti rancangan Kemp dan tahap implementasi perangkat pembelajaran di kelas dengan menggunakan bentuk one-group pretes posttest design. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, Buku Siswa dan Tes Berpikir Kritis (Domain Spesific Test dan General Domain Test) layak dan dapat digunakan. Hasil implementasi perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa (1) tingkat keterbacaan LKS dan Buku Siswa berkategori baik, yang berarti bahwa sebagian besar siswa mampu menyerap pesan yang terkandung didalamnya (2) Keterlaksanaan RPP berkategori baik, (3) Sebagian besar siswa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran, (4) Siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran, (5) Ketuntasan rata-rata indikator berpikir kritis dari konten materi (domain specific test) sebesar 81%, (6) Keterampilan berpikir kritis siswa di luar konten materi (general domain test) memberikan hasil 75% berkategori terampil dan 25% berkategori kurang terampil dari seluruh indikator dan (7) Hasil korelasi antara penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi (domain specific) berkorelasi positif sedang (r=0,620) dengan di luar materi (general domain).