KUNCI SUKSES USAHA KEDAI KOPI (STUDI KASUS - AMING COFFEE)

Isi Artikel Utama

Sigit Normagiat
Muhammad Syarif Syaifudin

Abstrak

Warung kopi sering dijadikan tempat bersilahturahmi, bersantai setelah bekerja, berdiskusi tentang bisnis, atau sekedar mengobrol. Budaya ngopi saat ini telah bergeser tidak hanya sebagai cara rekreasi dan relaksasi, tetapi telah menjadi gaya hidup masyarakat. Perkembangan bisnis warung kopi berkembang pesat saat ini, diantaranya adalah Aming Coffee, yang pada awalnya berskala lokal dan sekarang sudah berskala nasional. Satu hal yang menarik dan penting untuk diteliti berkenaan dengan faktor yang berpengaruh atau bercitra baik di mata pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode observasi terhadap kondisi lokasi dan pengunjung. Kuisioner serta wawancara semi-terstruktur dilakukan untuk memperoleh data persepsi pengunjung terhadap variabel kualitas layanan (X1), harga (X2), produk (X3), lokasi (X4) dan keputusan pembelian (Y). Selanjutnya, data dianalisis secara regresi multilinear berganda dengan menggunakan data analysis tool MS excel 365 untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil observasi memperlihatkan terjadinya peningkatan kunjungan Aming Coffee pada waktu sore hari. Total kunjungan tercatat berfluktuasi pada awal dan pertengahan pekan, dan mencapai puncaknya pada akhir pekan. Berdasarkan analisis regresi multilinear berganda, diperoleh hasil bahwa faktor kualitas layanan (X1), harga   (X2), produk (X3), lokasi (X4) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen untuk ngopi ke Aming Coffee (Y). Kesimpulannya adalah bahwa kualitas layanan, harga, produk, lokasi, kesemuanya memiliki pengaruh yang seimbang terhadap keputusan konsumen untuk ngopi ke Aming Coffee

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anonim. (2022). Aming Coffee - Kopi Legendaris Pontianak - Aming Coffee. https://amingcoffee.com/
Arismunandar, T. M., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2019). The Influence of Experiential Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty of Corner Coffee Shop in Langsa. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 16(1), 77–77. https://doi.org/10.17358/JMA.16.1.77

Dhisasmito, P. P., & Kumar, S. (2020). Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). British Food Journal, 122(7), 2253–2271. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2019-0763/FULL/XML

Fauji, M.M., D. A. S., Tohari, M.Si., A., Linawati, M. Si., Nurdiwati, M.S.A., D., Agus Sumantri, M.M., B., Lukiani, M.Pd., Dr. E. R. M., & Purnomo, M.M., H. (2020). Kontruksi Budaya Ngopi bagi Generasi Millenial di Kota Kediri. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 102.

Ibrahim, J. (2022). Hampir 800 Warkop di Pontianak, Edi Sebut Banyak Serap Tenaga Kerja | Pemerintah Kota Pontianak. https://www.pontianakkota.go.id/pontianak-hari-ini/berita/Hampir-800-Warkop-di-Pontianak,-Edi-Sebut-Banyak-Serap-Tenaga-Kerja

Kim, H., Kang, S. H., Kim, S. H., Kim, S. H., Hwang, J., Kim, J. G., Han, K., & Kim, J. Bin. (2021). Drinking coffee enhances neurocognitive function by reorganizing brain functional connectivity. Nature, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.1038/s41598-021-93849-7

Lukitaningsih, L., & Juliani, D. (2021). Warung Kopi sebagai Ruang Publik dari Masa Ke Masa Di Kota Medan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 10. https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i1.18639

Maharani, M., Ali, A. H. N., & Astuti, H. M. (2012). Faktor-Faktor PengaruhMedia Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing : Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 1(1).

Novan, N., Kalsum, E., & Lestari, L. (2021). PONTIANAK COFFEE SHOP. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 9(1), 243. https://doi.org/10.26418/JMARS.V9I1.45090

Rachmasari, A. D., & Suprapti, N. W. S. (2022). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Ukm Kedai Kopi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(2), 318. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i02.p06

Razak, A., Amrusi, A., Husna, A., Musfiana, M., & Mustofa, A. (2021). Black Coffee Shop Customer Satisfaction Based on Product Quality and Service. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 44. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.3924

Sasongko, F., Darussalam, R., Putra, S. H. S., Sofian, & Mustaqim, T. (2020). Attributes of Coffee Shop as Antecedent of Customer Satisfaction. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 4(2), 106–124. https://doi.org/10.21009/jobbe.004.2.09

Song, J.-W. (2020). The Effect of Physical Environment of coffee shop on Satisfaction and Revisit Intentions. FoodService Industry Journal, 16(4), 75–85.

Utomo, R. S. (2015). Keragaman Industri Kopi di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Mempawah. Borneo Akcaya, 2(1), 23–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v2i1.86

van Dam, R. M., Hu, F. B., & Willett, W. C. (2020). Coffee, Caffeine, and Health. New England Journal of Medicine, 383(4), 369–378. https://doi.org/10.1056/nejmra1816604

Widyawati, Widyawati, & Berlianto, M. P. (2019). The Influencing Factors on Coffee Shop Customers’ Revisit Intention. Advances in Economics, Business and Management Research, 101(Iconies 2018), 167–173. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.33

Yeetin, P., & Buakaew, J. (2018). Kopi coffee shops: Political interaction spaces for Trang locals. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 284–290. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.05.001