FENOMENA GAME ONLINE DALAM KEHIDUPAN SOSIAL KAUM MUDA DALAM PERSPEKTIF HERBERT BLUMER (STUDI KASUS TERHADAP KAUM MUDA DI PAROKI ST. PIUS X BENGKAYANG)

Isi Artikel Utama

Irenius Rengat
Paulinus Sarif
Andi Prayoga

Abstrak

Game online merupakan salah satu permainan yang sangat tidak asing lagi bagi kaum muda di zaman sekarang. Ini dibuktikan dari banyaknya kaum muda yang menghabiskan waktunya hanya demi bermain game online, sehingga berpengaruh pada kehidupan sosialnya. Dapat dilihat tingkah laku anak zaman sekarang yang tidak mementingkan lingkungannya, hanya fokus pada media sosial maupun game online. Kajian ini berkenaan dengan pengaruh game online terhadap interaksi sosial di kalangan kaum muda yang ditinjau dari perspektif interaksionisme simbolik menurut Hebert Blumer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara (interview) terhadap 4 orang subjek dan studi literatur. Penelitian ini menemukan bahwa responden tidak kecanduan bermain game online; mereka hanya bermain online games sebagai pengisi waktu luang. Mereka bermain online games masih dalam batas normal. Oleh karena itu, interaksi sosial mereka dengan sesama masih terjalin dengan baik. Interaksi sosial adalah hal penting bagi setiap manusia,. Ini yang menjadi syarat dalam interkasionime simbolik menurut Hebert Blumer yaitu, ada hubungan antara individu dengan masyarakatnya.


 


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles
##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. PT Raja Grafindo Persada.

Derung, T. N. (2017). “Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat.” Https://E-Journal.Stp-Ipi.Ac.Id/Index.Php/Sapa/Article/View/33. Jurnal Karakteristik Dan Pastoral., 2(1).

Fernando R, G. (2018). “Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Ghanang, R. (2020). “Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Di Sd Mintaragen 3 Kota Tegal.” Universitas Negeri Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/39305/1/1401416430.Pdf

Marwinda, I. (2022). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Marwinda1,. Journal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Nur, A. A. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online di Kalangan Remaja Pedesaan ( Studi Kasus Dua Desa di Sulawesi Selatan ). 391–402. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i2.1690

Rumbaru, N. R. (2021). “Pengaruh Game Online Terhadap Kecerdasan Matematis Siswa.” institut Agama Islam Negeri (Iain) Ambon Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Matematika.

Rαfsαnjαni, H. R. (2022). “Teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer : Profil, Perspektif, Contohnya.” Redaksi. Last Modified. https://www.sosiologi.info/2022/02/Teori-Interaksionisme-Simbolik-Herbert-Blumer-Profil-Perspektif-Contohnya.Html

Salim, A. (2005). “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.” universitas Alauddin Makasar.

Septia, Z. E. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Komunitas Game Ingress di Bandung. Universitas Diponegoro.

Siti, N. dan S. S. (2011). “Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik.” Jurnal Ilmu Sosial-Fakultas Isipol Uma, 1.