ASPEK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL SKETSA RASA KARYA PIPIET SENJA: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek sosial, nilai pendidikan karakter yang dikaji dengan pendekatan sosiologi sastra menurut Ian Watt dalam novel Sketsa Rasa karya Pipiet Senja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik non-interaks yaitu, mengkaji dokumen dan arsip. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan berturut-turut dari bulan Juli hingga Desember. Temuan penelitian ini mencakup aspek sosial dan nilai pendidikan karakter. Aspek sosial meliputi adat, keluarga, pekerjaan dan pendidikan; dan nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai agama, nilai jujur, nilai mandiri, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai demokratis, nilai komunikatif, dan nilai rasa ingin tahu. Penelitian ini merekomendasikan agar guru bahasa Indonesia, peserta didik dan penelitian lain untuk menelaah nilai sosial serta nilai pendidikan karakter pada karya sastra.
Rincian Artikel
Referensi
Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurfalah, Yasin. 2016. “Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.” Jurnal Pemikiran Keislaman 27(1):170–87. doi: 10.33367/tribakti.v27i1.264.
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, Yuni Amanda. 2011. “Aktualisasi Diri Tokoh Utama.” 2–3.
Sutopo, H. .. 2006b. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori Dan Terapanya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Warsiman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra. Malang: UB Press.
Wellek, Rene, and Austin Warren. 1989. “Teori Kesusasteraan.” 416.
Zubaedi. 2011. Desain Karakter Pendidikan: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zulfahnur. 1996. Teori Sastra. Jakarta: Depdikbud.