PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI TENGAH DAMPAK PENYAKIT VIRUS CORONA 19 BAGI PENGAJAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Pandemi Wabah Virus Corona 19 (COVID 19) menjadi permasalahan kesehatan dunia pada saat ini. Hampir seluruh dunia merasakan dampak wabah penyakit mematikan ini, baik disektor ekonomi, pemerintahan, pendidikan dan lain sebagainya. Negara Republik Indonesia telah berupaya untuk mengajak seluruh institusi bidang pendidikan belajar di rumah. Karena merupakan kebijakan pemerintah yang tepat pada saat ini. Mulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, agar selalu aktif memberikan layanan pendidikan secara daring bagi anak bangsa di tengah wabah virus corona yang melanda Republik Indonesia. Tujuannya adalah memutus mata rantai penyebaran secara masif virus corona di area pendidikan. Salah satu solusi belajar dirumah secara daring adalah menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan pengajar dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar di rumah untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan google classroom saat ini sangat efektif dan efisien yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pengajar dapat memberikan bahan ajar secara online, baik berupa teks, gambar, audio, maupun video kepada peserta didik. Manfaat yang didapat peserta didik adalah peserta didik dapat mengulang materi yang telah dibagikan oleh pengajar secara terus menerus.
Kata kunci: Virus Corona 19, Google Classroom, E-Learning, Pengajar
Rincian Artikel
Referensi
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Hakim, A. B. (2005). Efektifitas Penggunaan ELearning Moodle. Google Classroom Dan Edmodo. In Jurnal I-Statement Stimik ESQ (Vol. 1, Issue 2, pp. 1–6).
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus. 87.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal, 2(1), 50–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/2615-7667.211
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual, 122–125.
Soni, Afdhil Hafid, Regiolina Hayami, Yulia Fatma, Febby Apri Wenando, Januar Al Amien, Evans Fuad, Mitra Unik,
Harun Mukhtar, H. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17–20.
Susanti, L. (2015). Hubungan Penggunaan Google Classroom Sebagai Pembelajaran Efektif Dan Paperless Terhadap Nilai Hasil Belajar Kognitif Pada Pelajaran Biologi Di Sma Charis- Malang. 253–258.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. http://hdl.handle.net/11617/9144